Asyik Belajar Bahasa Jepang

UNGKAPAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


1. Ohayou gozaimasu : Selamat Pagi
2. Konnichiwa : Selamat Siang
3. Konbanwa : Selamat Malam
4. Sayounara : Selamat Tinggal / Selamat Jalan
5. Oyasumi nasai : Selamat Beristirahat (malam hari)
6. Dewa,Mata, (ja, mata) : Sampai Nanti
7. Omedetou : Selamat
8. Doumo arigatoo-gozaimasu : Terima Kasih
9. Doitashimashite : Terima Kasih Kembali
10.Osaki ni : Saya Duluan
11.Douzo osakini : Silahakan Duluan (pergi)
12.Kiotsukete : Hati-Hati
13.Itadakimasu : Terima kasih atas suguhan yang saya cicipi
14.Gochisousama deshita : Sesungguhnya telah membuat saya kenyang
15.Gomennasai : Maaf
16.Shitsurei shimasu : Permisi
17.O-genki desu ka : Apa Kabar
18.Genki desu : Baik-baik
19.Tadaima : Saya Kembali (ke rumah)
20.Okareinasai : Selamat sampai di rumah kembali


UNGKAPAN BAHASA JEPANG SEHARI-HARI DALAM KELAS

1.Hajimemashou : Mari kita mulai
2.Kiite kudasai : Harap mendengarkan
3.Kurikaeshite kudasai : Ulangi
4.Itte kudasai : Katakan / ucapkan
5.Mo ichido itte kudasai : Katakan / ucapkan sekali lagi
6.Yukkuri itte kudasai : Katakan perlahan-lahan
7.Isso ni dozo : Silahkan bersama-sama
8.Kokuban o mite kudasai : Perhatikan papan tulis
9.Kakite kudasai : Harap ditulis
10.Oboete kudasai : Harap diingat
11.Yonde kudasai : Harap dibaca
12.Kotaete kudasai : Jawablah
13:Wakarimashita ka : Apakah sudah mengerti
14.Hai, Wakarimashita : Ya, mengerti
15.Iie, Wakarimasen : Belum mengerti
16.Hon o akate Kudasai : Bukalah buku
17.Hon o tojite kudasai : Tutuplah buku
18.Renshu-shite kudasai : Latihlah
19.Chotto matte kudasai : Tunggu sebentar
20.Yasumimasho : Mari kita istirahat
21.Korede owarimasu : Sampai disini dulu
22.Sou desu : Baik
23.Chigaimasu : Salah
24.Shitsumon ga arimasuka : Ada pertanyaan





 
PELAJARAN 1文保 文例

A wa B desu : A adalah B
Kata Bantu WA (topic subyek) dalam huruf hiragana di tulis dengan : HAè

Desu merupakan kopula.Biasanya di baca dengan DES.è
です
Watashi wa Nakamoto desu. (saya adalah Nakamoto)
わたしは なかもとです。
Watashi wa gakusei desu. (saya adalah siswa )
わたしは がくせいです。
A wa B dewa arimasen : A adalah bukan B

· Kopula DEWA ARIMASEN (dapat dig anti dengan JA ARIMASEN)adalah bentuk dari negative DESU.
1. Watashi wa Minori dewa arimasen ( saya adalah bukan Minori )
わたしは みのり ではありまん。
2. Watashi wa sensei dewa arimasen. ( saya adalah bukan guru )
わたしは せんせい ではありません

A wa B desu ka : A adalah B kah? / apakah A adalah B ?

· Kata bantu KA di akhir kalimat dapat sebagai kalimat Tanya.
1. Tanaka san wa Nihon jin desu ka (apakah tuan Tanaka orang Jepang)
たなかさんは にほんじんですか。
2. Anata wa gakusei desu ka. ( apakah anda seorang pelajar )
あなたは がくせいですか。



A mo B desu : A juga B / A pun B

3. Suzuki san wa Nihon jin desu. ( Tuan Suzuki adalah orang jepang )
すずきさんは にほんじんです。
Yamashita san mo Nihon jin desu. ( Tuan Yamashita juga orang jepang )
やましたさんも にほんじんです。
4. Ayu san wa gakusei desu. ( Ayu adalah siswa )
アユさんは がくせいです。
Rina san 
 mo gakusei desuka. ( Apakah Rina juga siswa ? )リナさんも がくせいですか。
Hai,Rina san mo gakusei desu. ( Ya,Rina juga siswa )
はい、リナさんも はがくせいです.

KATA GANTI PETUNJUK BENDA

~ KORE : ini 
 ( benda dekat si pembicara )
~ SORE : itu 
 ( benda dekat lawan bicara )
~ ARE : itu 
 ( benda jauh dari pembicara atau lawan bicara)
~ DORE : yang mana ? 
 ( di antara pilihan benda-benda )

1. Kore wa hon desu. ( ini adalah buku )
これは ほんです。
2. Sore wa tsukue desu. ( itu adalah meja )
それは つくえです。
3. Are wa senpuki desu. ( itu adalah kipas angin )
 あれは せんぷきです。
4. Are wa kuruma desuka. ( apakah itu mobil )
 あれは くるまですか。
Hai,soo desu. ( ya,benar ) / Hai,are wa kuruma desu. ( ya,itu dalah mobil )
はい。そうです
    はい。あれは くるまです。

5. Enpitsu ga dore desuka. ( pensil adalah yang mana )
 えんぴつが どれですか。
Enpitsu wa kore desu. ( pensil adalah ini )
 えんぴつは これです。

A wa B desuka C desuka : A adalah B kah? Atau C kah?

Rei :
1. Kore hon desuka, jishoo desuka. ( apakah ini buku, apa kamus )
これほんですか。じしょうですか。
2. Rudi san wa sensei desuka, gakusei desuka. ( apakah Rudi guru,apa siswa)
ルデイさんはせんせいですか。がくせいですか。

A wa B de, C wa D desu : A adalah B,dan C adalah D

Rei :
1. Kore wa pen desu,Sore wa enpitsu desu. ( ini adalah pena.itu adalah pensil )
これはぺんです。それはえんぴつです。

KAIWA
Tyas : Sumimasen,sore wa hon desuka.
 すみません、それは ほんですか。
Ryan : iie,so dewa arimasen.
 いいえ、そではありません。
Kore wa jishoo desu.
 これは じしょうです。
Tyas : Are mo jishoo desuka.
 あれは じしょうですか。
Ryan : Hai,are mo jishoo desu.
 はい、あれも じしょうです。


ATARASHII KOTOBA
新しい
言葉

Watashi 
わたし : saya
Anat 
あなた : anda / kamu
Watashitachi 
わtしたち : kami / kita
Anatagata 
あなたがた : kalian / anda sekalian
Gakusei 
がくせい : pelajar / siswa
Sensei 
せんせい : guru
Nihon 
にほn : jepang
…….jin ….
じん : orang…..
Hon 
ほん : buku
Isu 
いす : kursi
Tsukue 
つくえ : meja
Hikidashi 
ひきだし : lemari
Senpuki 
せんぷき : kipas angina
Kokuban 
こくばん : papan tulis
Pen 
ぺん : pena
Enpitsu 
えんぴつ : pensil
Kami 
かみ : kertas
Shinbun 
しんぶん : Koran
Jisho 
じしょ : kamus
Zasshi 
ざっし : majalah
Kutsu 
くつ : sepatu
Kaban 
かばん : tas
Tokei 
とけい : jam
Karendaa 
カレンダー : kalender
Gakkoo 
がっこう : sekolah
Ie 
いえ : rumah



PELAJARAN 2
文保 文例

Kata Bantu : No


A no B : B milik A ( menyatakan milik / kepunyaan )

Rei :
1. Watashi no hon. ( buku saya )
わたしのほん
2. Kore wa watashi no hon desu. ( Ini adalah buku saya )
これは わたしの ほんです。
3. Anata no pen. ( pena anda )
あなたの ぺん
4. Kore wa anata no pen desuka. ( apakah ini pen anda ? )
これは あなたの ぺんですか。

Selain menyatakan milik / kepunyaan,kata Bantu no juga di gunakan dalam merangkai/menggabungkan dua atau lebih kata benda.

Rei :
1. Nihon no kuruma. ( mobil jepang )
にほんの くるま。
2. Toyota wa Nihon no kuruma desu. ( Toyota adalah mobil jepang )
トヨタは にほんの くるまです。
3. Watashi no Nihon no tomodachi. ( teman orang jepang saya )
わらしの にほんのともだち。

v Kata Ganti Keterangan Penunjuk Benda :

Selain kore,sore,are ( pelajaran 1 ) dapat di gunakan :

KONO..... : ……ini ( benda dekat pembicara )
SONO….. : ……itu ( benda dekat lawan bicara )
ANO….. : ……itu ( benda jauh dari pembicara /lawan bicara )
DONO…. : ……yang mana? ( di antara pilihan benda )

Pemakaiannya selalu diikuti kata benda atau kata yang di bendakan
Harus ada kata benda dulu baru bias ketemu partikel WA dan DESU.


Rei :
1. Kono hon wa watashi no hon desu. ( buku ini adalah buku saya)
この ほんは わたしのほんです。
2. Kono jisho wa Nihon go no jisho desu. ( kamus ini adalah kamus bhs jepang)
この じしょは にほんごのじしょです。
3. Sono kaban wa anata no desuka. ( apakah itu tas milik anda? )
その かばんは あなたのですか。
4. Ano hito wa warashi no tomodachi desu. ( orang itu adalah teman saya )
  あのひとは わたしのともだちです。
5. Rudi san wa dono hito desuka. ( Rudi adalah orang yang mana? )
  ルデイさんは どのひとですか。

v Kata Ganti Penunjuk Tempat :


KOKO : sini / di sini
SOKO : situ / di situ
ASOKO : sana / di sana
DOKO : mana / di mana ?


Rei :
1. Koko wa gakkoo desu. ( di sini adalah sekolah )
  ここはがっこうです。
2. Soko wa toire desu. ( di situ adalah toilet )
そこは トイレです。
3. Asoko wa hoteru desuka. ( apakah di sana hotel )
あそこは ホテルですか。
4. Jimushitsu wa doko desuka. (ruang kantor di mana?)
じむしつは どこですか。
5. Jimushitsu wa asoko desu. ( ruang kantor, disana )
じむしつは あそこです。

v Kata Ganti Tanya untuk Benda :

NAN : Apa ?

Rei :
1. Nan desuka. ( apa?)
なんですか。
2. Kore wa
 nan desuka. ( ini apa?)これは なんですか。
3. Kore wa
 nan no hon desuka. ( ini adalah buku apa?)これは なんのほんですか。
4. Sore wa Nihongo no hon desu. ( itu adalah buku bahasa jepang )
それは にほんのほんです。



v Kata Ganti Tanya untuk Orang :


DARE / DONATA : Siapa ? ( kata donata lebih sopan dari dare )


Rei :
1. Dare desuka. ( siapa?)
だれですか。
2. Sono sensei wa donata desuka. ( guru itu adalah siapa?)
その せんせいは どなたですか。
3. Are wa dare no jitensha desu ka. ( itu adalah sepeda siapa?)
あれは だれのじてんしゃですか。

v Kata Ganti Penunjuk,Tempat,Arah,Orang :


KOCHIRA : sebelah sini
SOCHIRA : sebelah situ
ACHIRA : sebelah sana
DOCHIRA : sebelah mana ?

Rei :
1. Kochira wa Takeshi san desu. ( sebelah sini adalah tuan Takeshi )
こちらは たけしさんです。
2. Sochira wa jimushitsu desu. ( sebelah situ adalah ruang kantor )
そちらは じむしつです。
3. Achira wa gakkoo desu. ( sebelah sana adalah sekolah )
あちらは がっこうです。
4. Shuuri koojoo wa dochira desu ka. ( bengkel di sebelah mana?)
しゅうりこうじょうは どちらですか。
5. Shuuri koojoo wa achira desu. ( bengkel adalah sebelah sana )
しゅうりこうじょうは あちらです。
KAIWA
A. Heri : Ayu san,sono jisho wan an no jisho desuka.
 アユさん、そのじしょは なんのじしょでしか。
Ayu : Kono jisho wa eigo no jisho desu
 このじしょは えいごのじしょです。
Heri : Dare no desuka.
 だれのですか。
Ayu : Dewi san no desu.
 デウィさんのです。
Heri : so desuka.
 そですか。
B. Dewi : Sumimasen,yuubinkyoku wa doko desu ka.
    すみません。びんきょくは どこですか。
Wulan : Yuubinkyoku desuka.asoko desu.
 ゆびんきょくですか。あそこです。
Dewi : soo desu ka,arigatoo gozaimasu.
 そうですか。ありがとうございます。
Wulan : iie,douitashimashite.
 いいえ。どういたしまして。

ATARASHII KOTOBA
  新しい 言葉

Nihon-go 
にほんご : bahasa jepang
Ei-go 
えいご : bahasa Inggris
Indoneshia-go 
インドネシクァご : bahasa Indonesia
Kuruma 
くるま : mobil
Ootobai 
おおとばい : sepeda motor
Jitensha 
じてんしゃ : sepeda
Tomodachi 
ともだち : teman
Koibito 
こいびと : pacar
Hito 
ひと : orang
Otoko 
おとこ : laki-laki
Onna 
おんな : perempuan
Otoko no hito 
おとこのひと : orang laiki-laki
Byooin 
びょういん : rumah sakit
Biyooin 
びよういん
salon kecantikan
Hoteru 
ホテル : hotel
Yuubinkyoku 
ゆうびんきょく : kantor pos
Ginkoo 
ぎんこう : bank
Tatemono 
たてもの : bangunan / gedung
Keisatsusho 
けいさつしょ : kantor polisi
toire 
トイレ : toilet
Namae 
なまえ : nama
Heya 
へや : kamar
Jimushitsu 
じむしつ : ruang kantor
Kyooshitsu 
きょうしつ : ruang kelas
Depa-to 
デパート : departemen store
Eki 
えき : stasiun
Amerika 
アメリカ : Amerika
Mare-shia 
マレーシア : Malaysia
Firipin 
フィリピン : Philipina
Kankoku 
かんこく : Korea
Chuugoku 
ちゅうごく : China
Indo 
インド : India
O-sutoraria 
オーストラリア : Australia








PELAJARAN 3
文保 文例

v Menyatakan Keberadaan Benda :

A ni B ga arimasu : di A ada B
B wa A ni arimasu : B ada / berada di A

Kata Arimasu (ada) menyatakan keberadaan benda tidak bernyawa / tidak bias bergerak sendiri.

Rei :
1. Kyooshitsu ni senpuki ga arimasu. ( di kelas ada kipas angina )
きょしつに せんぷきが あります。
2. Hon wa tsukue ni arimasu. ( buku ada di meja )
ほんは つくえに あります。
3. Kaban no naka. ( di dalam tas )
かばんの なか。
Kaban no naka ni jisho ga arimasu. ( di dalam tas ada kamus )
かばんの なかに じしょがあります。


A ni B ga imasu : di A ada B
B wa A ni imasu : B ada / berada di A


Kata Imasu (ada) menyatakan keberadan benda bernyawa / dapat bergerak sendiri. kecuali tumbuhan

Rei :
1. Kyooshitsu ni gakusei ga imasu. ( di kelas ada siswa )
きょうしつぃに がくせいがいます。
2. Zoo wa kenbutsu ni imasu. ( gajah berada di kebun binatang )
ゾーは けんぶつにいます。
3. Watashi no ie no mae ni neko ga imasu. ( di depan rumah saya ada kucing )
わたしの いえのまえに ねこがいます。



v Bentuk dari negative ARIMASU (ada) adalah ARIMASEN (tidak ada)
Tsukue ni hon ga arimasen. (di meja tidak ada buku)
つくえに ほんがありません。
v Bentuatk dari negative IMASU (ada) adalah IMASEN (tidak ada).
Kyooshitsu ni gakusei ga imasen. ( di kelas tidak ada siswa)
きょうしつに がくせいがいません。
v Bentuk Tanya hanya dapat menambahkan kata Bantu KA pada akhir kalimat.
1. Kyooshitsu ni senpuki ga arimasuka. ( apakah di kelas ada kipas angin)
きょうしつに せんぷくがありますか。
Hai,arimasu. (ya,ada)
はい。あります。
   Iie,arimasen. (tidak,tidak ada)  いいえ。ありません。
2. Kyooshitsu ni nani ga arimasuka. (di kelas ada apa?)
きょうしつに なにがありますか。

Kyooshitsu ni tsukue ga arimasu. (di kelas ada meja)
きょうしつに つくえがあります。
v Kata Bantu"….dan…." `: TO / YA
    A to B : A dan B (bila bendanya hanya dua)
   A to B to C : A B dan C (bila bendanya hanya tiga)

Rei :
5. Hon to kaban. (buku dan tas)
ほんとかばん
Tsukue ni hon to kaban ga arimasu. (di meja ada tas dan buku)
つくえに ほんとかばんがあります。
6. Tsukue no ue ni hon to kaban to pen ga arimasu(di atas meja ada tas,buku,&pen)
つくえのうえに ほんとかばんとぺんがあります。
7. Anto san to Ari san wa toshokan ni imasu. (Anto dan Ari berada di perpus)
アントさんとアリさんは としょかんにいます。




A ya B (nado ga arimasu) : A,B dan lain-lain (bila menyebut 2 benda dari banyak menda)
A ya B ya C (nado ga arimasu) : A,B,C dan lain-lain (bila menyebut 3 benda dari banyak benda)


Rei :
1. Hon ya kaban nado ga arimasu. (buku tas dan lain-lain)
ほんやかばんなどがあります
2. Tsukue ni hon ya kaban nado ga arimasu. (di meja ada buku,tas dan lain-lain)
つくえに ほんやかばんなどがあります。
3. Tsukue ni hon ya kaban ya pen nado ga arimasu. (di meja ada buku,tas,pena dll)
つくえに ほんやかばんやぺんなどがあります。
4. Kyooshitsu ni tsukue ya isu ya kokuban nado ga arimasu. 
きょうしつにつくえやいすやこくばんなどがあります。
(Dikelas ada meja,kursi,papan tulis,dll)
5. Ayu san ya Dewi san ya Lisa san nado wa shokudoo ni imasu. 
アユさんデウィさんやリサさん などはしょくうどにいます。
(Ayu,Dewi,Lisa dan lainnya berada di kantin)