AUTOBIOGRAFI TENTANG 2 TAHUN DI LABSKY

Saya masuk ke SMA Labschool Kebayoran pada tahun 2009. Waktu itu, saya dari SMPN 19 Jakarta. Pada awalnya, saya lebih memilih untuk masuk ke SMA Al-Azhar 1 Pusat karena kakak – kakak saya dulu bersekolah tingkat SMA di sana, namun ibu saya menyuruh saya untuk masuk ke SMA Labschool Kebayoran atau lebih dikenal dengan panggilan SMA Labsky. Ketika itu saya dengan berat hati memilih SMA Labsky dan sering ditakut – takuti oleh teman – teman saya dari SMP karena jika masuk Labsky diharuskan botak atau gundul. Namun saya tidak peduli dan mengetahui bahwa ada beberapa teman saya dari SMP yang masuk Labsky membuat saya lebih percaya diri untuk memilih Labsky. Jauh sebelum masuk Labsky, saya harus menjalani tes kesehatan yaitu tes urine. Ketika itu saya bingung mencari tempat untuk tes urine karena gedungnya terlihat lebih rumit daripada gedung SMPN 19.
Sebelum masuk belajar seperti biasa di SMA Labsky, para siswa baru harus mengikuti pra-MOS dan MOS (Masa Orientasi Siswa) dengan tujuan untuk mengetahui visi-misi, mengetahui program sekolah selama 3 tahun, dan tentu saja agar dapat mengenal teman-teman baru. Kebetulan saat itu saya satu kelompok dengan teman saya, Adrian teman saya sejak SD walaupun kami beda SMP. Ketika MOS, saya masih kurang berbaur dengan teman-teman baru. MOS berjalan selama tiga hari. Ketika itu kami dibimbing oleh kakak-kakak dari OSIS Biwakara Balasena. Saat MOS merupakan pertama kalinya saya mengalami yang namanya “Makan Komando”. “Makan Komando” dimaksudkan untuk mempercepat waktu dalam makan dan melatih kekompakan angkatan kami waktu itu. Setelah selesai menjalani MOS selama tiga hari, kami resmi menjadi siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran angkatan kesembilan.
Ketika itu saya bingung karena setiap dibubarkan setelah selesai apel/upacara, kakak kelas dua dan kelas tiga mengucapkan suatu bahasa sansekerta ketika membalik badan mereka. Sampai akhirnya saya diberi tahu oleh teman saya bahwa itu menunjukkan identitas angkatan mereka. Sapta Garuda Adhikara dan Hasta Praja Sanggakara merupakan angkatan tujuh dan angkatan 8 di SMA Labschool Kebayoran.
Saya mendapat kelas XD, disitu saya banyak bertemu teman-teman saya ketika SD yaitu Adis, bahkan teman saya ketika TK yaitu Nalika. Pada awalnya saya belum memiliki teman di kelas, hanya beberapa teman yang saya kenal dari SD dan SMP, itupun kami berbeda kelas sampai akhirnya Nalika mengajak saya bermain bola bersama teman-teman yang lain. Sehingga saya kenal teman-teman baru seperti Danto, Edrik, Aga. Kemudian Adis juga mengajak saya berkenalan dengan beberapa temannya di kelas seperti Uje, Thanya, Dama, Vanya.
Kegiatan berikutnya di SMA Labsky yang wajib diikuti adalah Pilar yang diadakan ketika bulan puasa. Pilar merupakan kegiatan yang diadakan selama tiga hari, bermalam di sekolah dan melakukan kegiatan-kegiatan seperti membaca alquran, solat, dan lain-lain. Di kegiatan ini, saya kembali mengenal banyak teman baru. Setelah Pilar, adapula kegiatan di bulan Oktober yang sangat menyenangkan yaitu Trip Observasi. Tetapi sebelum TO (Trip Observasi), ada pra-TO yang berjalan selama tiga hari di sekolah. Pra-TO berguna untuk mengkompakkan angkatan sekaligus membentuk nama angkatan serta diangkatnya ketua angkatan. Kebetulan saya terpilih untuk menjadi salah satu dari tiga ketua angkatan 9. Nabel sebagai ketua umum angkatan, Danto sebagai ketua 1 dan saya sebagai ketua 2. Nama angkatan kami bernama Nawa Drastha Sandyadira. TO merupakan salah satu kegiatan yang tidak terlupakan dan sangat menyenangkan.
Di tahun 2010, ada kegiatan yang diadakan oleh OSIS Ksatrianala Saghrayudha yaitu SKYBATTLE 2010, ini merupakan kompetisi berbagai olahraga seperti Futsal, Basket, Dance, Cheerleading, Wall Climbing dan lain-lain. Kemudian ada kegiatan LAPINSI yaitu Latihan Kepemimpinan Siswa. LAPINSI bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan siswa yang ingin mengikuti program OSIS / MPK periode berikutnya. Saya mengikuti LAPINSI karena saya ingin menjadi MPK.
Sebelum LAPINSI, seluruh kelas X diharuskan mengikuti studi lapangan ke Bandung yang berlangsung selama dua hari. Kami mengunjungi banyak tempat, seperti museum Geologi, PT PINDAD, dan lain-lain. Selain itu pula kami mengunjungi Ciater sebagai tempat refreshing di penghujung acara sebelum akhirnya kembali ke Jakarta. Di akhir masa kelas X, ada satu kegiatan yang mengharuskan kelas X untuk mengikutinya yaitu BINTAMA. BINTAMA merupakan kegiatan yang berlangsung di Grup 1 KOPASSUS Serang. Kami akan dilatih oleh KOPASSUS selama lima hari. Pada awalnya kami selalu ditakut-takuti dengan cerita yang menyeramkan tentang BINTAMA. Namun ketika saya menjalaninya, ternyata kegiatan ini tidak terlalu menyeramkan dan sangat mendidik dan sangat menyenangkan karena saat BINTAMA, angkatan kami sangat kompak dalam menjalaninya. Setelah BINTAMA, merupakan saat-saat yang menegangkan yaitu pembagian rapot namun tidak sekedar naik kelas atau tidaknya kita tapi juga menentukan kami melanjutkan ke kelas IPA atau IPS. Saya dari dulu sudah menargetkan untuk masuk kelas IPA karena saya lebih suka menghitung daripada menghafal. Alhamdulillah saya naik kelas dan masuk ke kelas IPA dengan nilai yang cukup memuaskan.
Tahun ajaran baru pun dimulai, saya mendapat kelas XI IPA 1.  Awalnya, saya mengira kelas saya kurang seru karena banyak teman-teman yang kurang dekat waktu itu. Tapi ternyata setelah menjalani, justru mereka semua merupakan teman sekelas saya yang paling seru dan menyenangkan. Di kelas saya ada Okti, Andry, Heza, Pantom, Yoga, Mugi, Kiawan, Farid, Cahyo, Subhan, Suki, Naat, Adis, Nina, QQ, Della, Eka, Kay, Hana dan masih banyak lagi. Ketika awal masa pembelajaran, diadakan pemilihan tiga orang non-CAPSIS (Calon Pengurus OSIS) untuk diangkat menjadi CAMPK (Calon Majelis Perwakilan Kelas). Pemilihannya dilakukan dengan cara voting dari kelas memilih orang-orang yang sudah mencalonkan dirinya masing-masing. Saya memang dari dulu sudah menginginkan untuk menjadi MPK. Sehingga saya mencalonkan diri saya dan alhamdulillah saya terpilih menjadi CAMPK bersama dua teman saya yaitu Nina dan Hana.
Setelah diadakan voting CAMPK, terpilihlah teman saya Thanya sebagai Ketua MPK periode 2010-2011. Sebenarnya ketika itu saya pun ikut mencalonkan diri menjadi calon ketua MPK namun saya kalah suara oleh Thanya. Namun kami berdua sudah sepakat siapapun yang terpilih menjadi ketuanya, yang menjadi wakil ketuanya adalah calon ketua MPK yang satu lagi. Kebetulan ketika itu yang mencalonkan diri sebagai calon ketua MPK hanya Thanya dan saya, sehingga saya terpilih menjadi wakil ketua MPK mendampingi Thanya. Adapula Sekretaris Umum yaitu Nina, Sekretaris 1 yaitu Nira, dan Bendahara yaitu Aya sehingga saya merupakan satu-satunya laki-laki yang memiliki kedudukan di BPH MPK periode 2010-2011. Sebelum dilantik secara resmi menjadi OSIS dan MPK, kami harus melakukan LALINJU (Lari Lintas Juang) yang merupakan cerminan perjuangan kami agar dapat meraih jabatan OSIS dan MPK. LALINJU dilakukan dengan lari dari Taman Makam Pahlawan Kalibata sampai Sekolah yang berjarak 17 km pada tanggal 17 Agustus. Namun dikarenakan tanggal 17 Agustus 2010 telah memasuki bulan puasa sehingga LALINJU dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2010. Namun kami tidak langsung dilantik pada hari itu melainkan hanya baru dikukuhkan. Kami secara resmi dilantik pada tanggal 17 Agustus 2010. Sampai akhirnya dilantik, Thanya dan saya sudah sepakat untuk menamakan MPK periode 2010-2011 dengan nama BATHARASATYA HAYASKARA.
Masa kelas 11 yang sebenarnya akhirnya datang, dimana kami semua tidak terlalu dibebankan dengan kegiatan akademik karena hanya membutuhkan nilai yang cukup untuk naik kelas walaupun kami semua tetap mengejar nilai terbaik. Kegiatan pertama yang saya lakukan sebagai MPK adalah mendampingi adik-adik angkatan X di pra-TO dan TO. Pada tahun ini, lokasinya berbeda dengan yang tahun lalu. Ketika TO tahun ini sangat seru, khususnya ketika penjelajahan. Penjelajahan tahun ini sangat terasa seperti “menjelajah” karena kami waktu itu menjelajahi berbagai rintangan seperti hutan, sawah, air terjun dengan kondisi cuaca yang berubah seperti hujan. Ketika itu kami saling membantu satu sama lain dalam melewati rintangan-rintangannya. Untungnya kami semua dapat kembali dengan selamat ke tempat kami beristirahat. Setelah penjelajahan itu, saya dan teman saya beristirahat di penginapan berjam-jam sampai tidak terasa sudah mencapai malam. Memang kegiatan penjelajahan  sangat menguras tenaga sehingga banyak dari kami yang membutuhkan istirahat yang cukup panjang agar kembali segar seperti semula.
Tahun 2010 pun berakhir dan mulai memasuki tahun 2011. Di tahun 2011, masa kelas 11 terasa lebih menyenangkan dengan pertemanan kelas XI IPA 1 yang semakin hari semakin kompak.  Di tahun ini, seluruh siswa kelas XI harus mengikuti studi lapangan ke Yogyakarta. Trip ini sangat menyenangkan karena kami mengunjungi berbagai tempat seperti PT Sritex, Candi Prambanan, dan kami juga menginap di hotel yang jauh lebih baik dibandingkan studi lapangan ke Bandung. Saya sangat menikmati trip ini karena saya menganggap trip seperti refreshing, walaupun kami semua tetap diberikan tugas dari guru-guru namun dikarenakan kerjasama kelompok yang baik sehingga kami dapat menyelesaikannya sebelum hari pengumpulan tugas.
Setelah mengikuti kegiatan trip Yogya, OSIS angkatan Nawastra yaitu OSIS Dranadaraka Wiraksaka mengadakan suatu proker (program kerja) besar yang sudah menjadi acara tahunan di SMA Labsky yaitu SKY BATTLE 2011. Kami semua bekerja sangat keras agar dapat mewujudkan acara ini dan agar acara ini dapat berlangsung dengan lancar. Tentu saja dengan bantuan adik-adik dari angkatan Dasa Wiweka Wiragana, angkatan kesepuluh di SMA Labsky. Saya merangkap menjadi panitia sekaligus sebagai peserta futsal. Merupakan tugas yang berat harus mengerjakan kedua tugas dengan benar dan tetap menjaga badan agar tetap fit. Tim futsal SMA Labsky dapat mengalahkan berbagai lawan di fase grup, sehingga kami lolos dari fase grup dengan poin sempurna. Di fase gugur, kami mengalami berbagai rintangan melawan beragam taktik dari berbagai sekolah, namun kami dapat mengatasinya sampai akhirnya kami kalah di perempat final. Saya kesal sekali karena kami sebagai tuan rumah tidak dapat mencapai final. SKY BATTLE 2011 sampai pada penghujung acara yaitu closing. Closing terdapat 5 band yang bermain dan acara selesai jam 23.00. seluruh panitia merasa puas dengan pekerjaan kami semua karena seluruh jerih payah kami terbayarkan dengan kepuasan peserta juga penonton, serta kami mengalami surplus.
Saya kembali dipanggil tugas sebagai MPK untuk mendampingi angkatan Daswira mengikuti program BINTAMA bersama beberapa teman-teman dari OSIS dan MPK lainnya. Seperti tahun lalu pula, BINTAMA tahun ini berlangsung di Grup-1 Komando Pasukan Khusus Serang. Setelah selesai menjalani tugas mendampingi adik kelas mengikuti BINTAMA, kami pulang ke sekolah dan disambut oleh beberapa teman kami di sekolah. Kebanyakan dari mereka atau mungkin semua mengatakan bahwa kulit kami menghitam dan kamipun bercerita bagaimana BINTAMA tahun ini dengan heboh kepada teman-teman lainnya.
Masa akhir kelas 11 pun akan berakhir, ditandai dengan digelarnya Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Kami semua sangat tegang menghadapi UKK karena kami semua tidak ingin tinggal kelas. Alhamdulillah kami semua naik kelas dengan nilai yang cukup memuaskan tanpa meninggalkan satu teman di kelas 11. Liburpun telah tiba, dan kelas saya sudah merencanakan dari jauh hari untuk pergi berlibur bersama ke Tanjung Lesung. Walaupun tidak seluruh anak mengikuti liburan bersama ini, namun tidak mengurangi kesenangan kami dalam berlibur. Kami disana bermain voli pantai, jalan-jalan menyusuri pantai, Snorkeling, dan masih banyak lagi. Kami berlibur ke Tanjung Lesung selama tiga hari dua malam. Liburan bersama ini sangat menyenangkan karena selama tiga hari dua malam penuh, kami semua selalu bersama berbagi canda tawa rian yang dapat menghilangkan segala kepenatan setelah belajar setahun dan menghadapi UKK.
Masuk kembali tahun ajaran baru dan saya ditempatkan di kelas XII IPA 3, walaupun tidak semenyenangkan dengan kelas XI IPA 1, saya tetap menerima masuk kelas ini karena di kelas tiga ini bukan waktunya untuk bermain-main lagi melainkan belajra sungguh-sungguh untuk menghadapi UAN dan masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Namun sebelum kita semua menghadapi semua pelajaran di kelas tiga, lagi-lagi OSIS Dranadaraka Wiraksaka mengadakan acara tahunan SMA Labsky yang paling besar yaitu SKY AVENUE 2011. Di SKY AVENUE 2011, saya kembali menjadi panitia. Banyak berbagai band yang bermain di SKY AVENUE 2011 guna meramaikan suasana seperti The S.I.G.I.T, Sheila on 7, Gugun Blues Shelter, White Shoes and the Couples Company dan masih banyak lagi. Kami telah mempersiapkan segalanya hingga menit-menit terakhir demi kelancaran acara ini karena ini merupaka proker kami yang terakhir dan tentu saja dibantu oleh adik-adik kelas dari angkatan Daswira dan angkatan 11. Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan sukses yang ditandai dengan mengalami surplus yang sangat membahagiakan perasaan masing-masing panitia karena segala usaha kami terbayarkan dengan surplus yang bisa dibilang cukup banyak.
Dengan berakhirnya SKY AVENUE 2011, menandai bahwa kehidupan kelas 12 dimulai yang dipenuhi dengan berbagai tugas, seperti kartul, Try-Out, dan banyak lagi. Namun kami telah siap untuk menghadapi ini semua bersama-sama demi mencapai cita-cita kami masing-masing. Sekian kehidupan saya selama 2 tahun di SMA Labsky semoga kedepannya saya dapat menjalani semua rintangan dengan mudah.