DUA TAHUN DI LABSKY, SEBUAH AUTOBIOGRAFI

Kurang lebih 2 tahun yang lalu saya, Adira Putri memulai pendidikan SMA saya di SMA Labschool Kebayoran. Sebelum jenjang SMA, saya bersekolah di SMP Labschool Kebayoran, jadi gedung yang saya injak di hari pertama SMA tidaklah asing bagi saya, karena sebelumnya sudah 3 tahun saya bersekolah di gedung yang sama.
Tahun pelajaran pertama saya, tahun pelajaran 2009/2010 dimulai pada pertengahan Juli. Sebagai siswa baru, saya dan teman-teman satu angkatan saya, angkatan 9, mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa atau MOS.
Masa Orientasi Siswa atau MOS berlangsung selama 3 hari dan setiap harinya diawali dengan lari pagi. Walaupun saya sudah biasa lari pagi setiap hari Jumat di SMP Labschool Kebayoran, lari pagi di SMA merupakan hal baru yang terasa berat bagi saya, karena lagi pagi di SMA Labschool Kebayoran jaraknya lebih jauh dan kecepatan larinya lebih cepat. Di hari ke 3 saya sudah mulai bisa membiasakan diri dengan lari pagi.
Selama MOS kami diberi banyak materi yang kebanyakan tentang budaya budaya di SMA Labschool Kebayoran. Kami dibagi dalam kelompok-kelompok yang satu kelompoknya beranggotakan kurang lebih 20 orang, belum ada kelas yang pasti. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 5 pagi sampai sore hari tersebut lumayan menguras tenaga, apalagi di kemudian harinya kami harus tes matrikulasi sehingga tidak ada waktu beristirahat setelah MOS.
Pada saat pembagian kelas saya mendapatkan kelas XE. Saya pada awalnya tidak terlalu bersemangat karena banyak anak-anak yang saya tidak kenal dan hari-hari pertama di XE sangat sepi. Setelah beberapa minggu saya baru merasakan adanya kehidupan di kelas kami.
Kegiatan pesantren dilaksanakan pada bulan Ramadhan, kegiatan ini membosankan karena dalam kondisi berpuasa dan harus mendengarkan materi-materi sangat tidak kondusif. Sejujurnya saya lebih banyak tidur dalam kegiatan pesantren Ramadhan karena hawa yang panas dan materi yang membosankan.
Kegiatan kelas X selanjutnya adalah Pra-Trip Observasi dan Trip Observasi. Pra Trip Obsevasi adalah kegiatan sebelum Trip Observasi yang diisi dengan kegiatan mengecat tongkat, membuat nametag, Peduli Kehidupan Desa dan latihan masak-memasak. Inti dari kegiatan ini adalah mempersiapkan angkatan kami untuk kegiatan Trip Observasi dimana kami harus hidup mandiri dan peduli lingkungan sekitar. Kegiatan ini salah satu kegiatan yang paling melelahkan selama di SMA Labschool Kebayoran karena selama 3 hari kami lari pagi setiap hari diisi dengan kegiatan-kegiatan yang terletak di hall basket yang sangat panas hingga sore hari.

Kegiatan Pra Trip Observasi 2009 dimulai pada hari ulangtahun saya yang ke 15 di tanggal 15 Oktober dan berlangsung selama 3 hari sampai dengan tanggal 17 Oktober. Pada kegiatan ini terbentuklah nama angkatan kami yaitu Nawa Drastha Sandyadira dengan 3 ketua angkatannya.
Kami melakukan kegiatan Trip Observasi selama 5 hari di bulan Oktober di Desa Pasir Muncang, Purwakarta. Kegiatan ini menurut saya adalah kegiatan yang paling menyenangkan selama di SMA Labschool Kebayoran. Kegiatan ini sangat terasa seperti liburan ke desa karena banyaknya waktu luang untuk memasak, bersih bersih rumah dan lain lain. Saya dan kelompok saya, Reog Ponorogo beranggotakan Andyan, Fahmi, Viga, Andra, Fitri, kak Nisa, dan Aufa tinggal di salah satu rumah di kampung tersebut. Sehari hari kami  selama Trip Observasi adalah memasak, ikut orangtua asuh bekerja sesuai pekerjaan orangtua asuh masing-masing dan penilitian ilmiah. Pada hari ke 4 Trip Observasi kami melakukan kegiatan penjelajahan  di sekitar Desa Pasir Muncang, walaupun hanya di sekitar desa, namun penjelajahan terasa berat karena banyaknya tanjakan dan turunan dan jarak yang ditempuhpun lumayan jauh. Penjelajahan adalah  bagian yang paling menyenangkan selama Trip Observasi.
Setelah Trip Observasi sampai dengan bulan Desember kami fokus belajar untuk Ulangan Akhir Semester yang berlangsung pada bulan Desember. Ada kalanya saya merasa sangat jenuh karena kegiatannya hanya belajar saja, namun ada juga perasaan lega karena tidak usah repot mengurus kegiatan kegiatan sekolah sehingga bisa fokus ke ulangan ulangan dan tugas tugas di akhir semester pertama.
Alhamdulillah Ulangan Akhir Semester pertama tahun 2009/2010 berlangsung lancar dan saya mendapatkan peringkat yang baik berkat usaha yang lumayan keras mengejar materi selama semester pertama.
Pada bulan Januari 2010 angkatan kami melakukan studi lapangan selama dua hari satu malam ke Bandung. Pada hari pertama ke Bandung kami mengunjugi berbagai jenis museum dan pada malam harinya kami melakukan makrab angkatan. Keesokan harinya kami mengunjungi pabrik inseminasi dan bermain ke salah satu pusat rekreasi di daerah Bandung.
Kegiatan ini sangat menyenangkan walaupun tugas tugas studi lapangan lumayan berat. Sayangnya studi lapangan kami hanya berlangsung selama dua hari satu malam sehingga kurang terasa serunya.
Dalam rangka ingin menjadi pengurus OSIS, ada 3 tahapan yang harus diikuti yaitu Lapinsi, TPO dan Bintama. Kurang lebih 2 bulan setelah studi lapangan angkatan kami mengikuti kegiatan Lapinsi. Kegiatan ini mengharuskan kami untuk aktif dan kami dibekali materi-materi tentang program kerja, kedisiplinan, sharing dengan pengurus OSIS dan ketua OSIS tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini cukup menyenangkan karena penyampaian materinya tidak membosankan dan materi yang disampaikan berguna untuk menjadi pengurus OSIS.
Tahapan kedua yang saya ikuti adalah Tes Potensi Organisasi atau TPO. Tes ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tes makalah, olahraga dan agama. Judul makalah yang saya pilih adalah “Pengaruh Media Massa Terhadap Anoreksia Remaja Putri” alhamdulillah berjalan dengan lancar
Kegiatan di penghujung kelas X adalah Bintama. Pada awalnya jujur saya sangat tidak bersemangat mengikuti kegiatan ini karena kegiatan ini berlangsung sangat lama....6 hari di Kopassus Serang. Namun karena kegiatan ini wajib dan merupakan kegiatan terakhir lengkap bersama satu angkatan akhirnya saya berusaha semangat. Hari hari awal bintama sangat berat karena homesick dan kegiatan yang padat sehingga lelah, namun mulai hari ke tiga sampai dengan hari ke 6 saya sangat menikmati karena sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan sehari-hari di Kopassus dan kegiatan outbond dan lain lain sangat menyenangkan.
Bintama mengakhiri rangkaian kegiatan selama kelas X dan kami libur selama 2 minggu sebelum masuk kembali di kelas XI. Lumayan berat rasanya meninggalkan XE karena selama setahun saya merasa sangat nyaman dan dekat dengan murid-murid lainnya di XE.
Setelah satu tahun belajar di kelas X dan ambil rapot, saya diterima di jurusan IPA. Sejak awal kelas X saya memang ingin masuk IPA walaupun di tengah-tengah semester sempat ada keraguan dan keinginan masuk IPS. Namun saya kembali melanjutkan niat awal saya untuk masuk IPA agar bisa mengejar cita-cita sebagai dokter bedah.
Pertengahan Juli tahun 2010 saya kembali memulai tahun ajaran baru di SMA Labschool Kebayoran sebagai siswa kelas 11. Saya bersama 32 siswa lainnya ditempatkan di kelas XI IPA 1 dengan wali kelas Pak Endang Sumarna atau Pak Osa. Sejauh ini, masa-masa kelas sebelas adalah masa paling menyenangkan dan bahagia selama saya sekolah, karena banyaknya program kerja dan kegiatan. Apalagi dengan teman-teman satu kelas yang selalu mendukung dan menyenangkan membuat semangat saya untuk sekolah setiap harinya sangat tinggi.

Kemudian saya bersama teman-teman capsis, capmpk, OSIS dan MPK mengikuti Lari Lintas Juang (Lalinju) yaitu lari sejauh 17 kilometer dari Taman Makam Pahlawan di Kalibata sampai ke SMA Labschool Kebayoran. Dari beberapa minggu sebelum lalinju kami sudah berlatih secara rutin di sekitar sekolah dan latihan terakhir kami adalah lari dari DPR MPR. Walaupun pada saat lalinju saya sempat tertinggal namun akhirnya sampai ke sekolah dengan selamat. Pada tanggal 17 Agustus saya dan teman teman CAPSIS dilantik menjadi OSIS dan saya dilantik menjadi Sie. Publikasi dan Dokumentasi OSIS Dranadaraka Wiraksaka.

Setelah dilantik menjadi OSIS berbagai kesibukan kelas 11 dimulai. Mulai dari ban yaknya proker yang harus dijalankan dan berbagai macam kegiatan sekolah yang melibatkan OSIS seperti Trip Observasi. Saya merasa senang bisa Trip Observasi walaupun Trip Observasi sebagai OSIS lebih besar dan berat tanggung jawabnya dibandingkan tahun lalu. Seperti tahun sebelumnya, Pra Trip Observasi jatuh di hari ulangtahun saya yang ke 16, pada tanggal 15 Oktober 2010.
DI akhir Januari 2011, saya dan teman-teman Nawastra melakukan studi tour yang kedua ke Jogjakarta selama 4 hari 3 malam, lebih lama daripada studi tour tahun sebelumnya. Kami mengujungi berbagai tempat, seperti pabrik tekstil, pabrik Madurasa dan candi Prambanan. Beberapa kegiatan yang menyenangkan selama di Jogja adalah menonton pertunjukkan Rama & Shinta, studi wisata ke UGM, dan waktu bebas di sekitar Malioboro.

Sepulangnya dari Jogja kami langsung dihadapkan dengan salah satu program kerja terbesar OSIS yaitu Skybattle 2011. Kegiatan ini sudah dipersiapkan dengan matang dari bulan-bulan sebelumnya, dan kegiatan Skybattle 2011 berlangsung selama 8 hari di beberapa lokasi-lokasi yang sudah di tentukan. Closing Skybattle berjalan dengan lancar dan Skybattle pada keseluruhannya berjalan dengan sangat baik dan hasil yang kami capai sangat memuaskan.
Selain Skybattle dan kesibukan belajar di kelas XI IPA, banyak juga program OSIS lainnya yang berjalan yaitu Jakarta In Global (JIG) yaitu kompetisi debat, spelling bee, short movie, dan lain-lain dalam bahasa Inggris. Program kerja lainnya adalah Hunting On The Trip 2011 (HOTT) yang merupakan  kegiatan hunting foto ke beberapa tempat yang telah ditentukan, disela-sela acara hunting foto disertakan pula workshop dengan fotografer profesional, dan setelah itu hasil foto-foto dari peserta hunting akan dilombakan. Kegiatan HOTT 2011 berlokasi di Tasikmalaya, perjalanan ke Tasikmalaya sangat lama sekitar 8 jam namun kegiatan ini sangat menyenangkan dan memuaskan karena lokasi hunting foto yang sangat bagus.
DI penghujung tahun ajaran 2010/2011 kami sangat sibuk mengurus 2 proker OSIS yaitu Skylite dan Sky Avenue 2011 disamping kegiatan belajar akhir tahun yang sangat melelahkan dan persiapan untuk Ulangan Kenaikan Kelas yang sangat sulit. Pada saat ambil rapot, saya  cukup puas dengan nilai saya yang sangat meningkat, dari semester 1 rangking 24 dan semester 2 saya berhasil mendapatkan rangking 9. Nilai nilai pada umumnya juga cukup baik dan saya cukup puas dengan hasil yang sudah saya capai selama kelas sebelas di SMA Labschool Kebayoran bersama XI IPA 1 yang pemalas dan menyenangkan. Saya berhasil naik ke kelas 12 dan di kelas 12 saya ditempatkan bersama kelas XII IPA3
Awal tahun pelajaran kelas 3, saya dan teman teman OSIS MPK turut terlibat dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) dan setelah MOS selesai kami seluruh warga SMA Labschool Kebayoran kembali mempersiapkan Skylite dan Sky Avenue 2011. BERAT SEKALI rasanya membagi waktu antara pelajaran kelas 12 yang belum apa apa sudah sangat berat dan sibuknya mengurus Skylite dan Sky Avenue 2011.
Alhamdulillah kegiatan Skylite 2011 sukses dan kesusksesan itu dilanjutkan oleh kegiatan Sky Avenue yang juga sukses. Sky Avenue mengundang berbagai macam artis papan atas Indonesia seperti Sheila on 7, Gugun Blues Shelter, White Shoes and The Couples Company dan lain-lain.
Pada tanggal 17 Agustus setelah lari lintas juang beberapa minggu sebelumnya kami OSIS dan MPK turun jabatan dan regenerasi OSIS MPK berikutnya dari angkatan 10. Lega rasanya setelah satu tahun dan tanpa berbagai kegiatan sekolah dan program kerja bisa fokus ke pelajaran.
Di kelas 12 ini saya akan fokus belajar agar bisa lulus dengan nilai terbaik dan masuk perguruan tinggi yang saya inginkan yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Memang sangat berat tetapi dengan teman-teman satu kelas dan satu angkatan yang menyenangkan pasti kami bisa lulsu 100% dan sukses menggapai cita-cita masing masing. Amin.